Rabu, 18 Mei 2011

KERIS

Keris merupakan benda sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia. saya pikir negara lain tidak mengenalnya, mungkin hanya pedang yang dikenal sejenisnya. bagi orang Jawa pada jaman dahulu, keris disimbolkan sebagai simbol kedudukan dan trah, selain digunakan untuk keperluan perang. keris sampai saat ini juga masih digunakan isebagai perlengkapan mutlak dalam prosesi upacara pernikahan adat Jawa. pada saat resepsi, pengantin laki-laki akan disemati keris di bagian belakang jaritnya.
keris merupakan benda cagar budaya. sehingga dalam perawatannya dibutuhkan ekstra kehati-hatian. bapak mertua saya adalah pencinta keris yang seringkali dimintai tolong untuk menjamas/memandikan keris para sahabat dan tetangga sekitar yang masih menyimpan keris peninggalan leluhurnya. setiap kali menjamas, bapak menggunakan ramuan jus mengkudu dan jeruk nipis. keris kemudian direndam dalam ramuan tersebut selama 3 hari untuk menghilangkan karat yang menempel.setelahnya tentu saja dicuci dengan air bersih untuk menghilangkan aroma mengkudu.
tentang keris ini, setelah membaca artikel ini, mungkin ada yang berminat dengan keris koleksi bapak mertua saya yang kebanyakan didapat dari "penarikan" dari alam leluhur. pamor keris yang ditawarkan adalah keris kuno berdhapur jangkung.konon keris ini adalah keris yang paling tua umurnya dibanding keris-keris lainnya koleksi bapak. keris ini adalah peninggalan jaman Majapahit. bagi yang berminat untuk konsultasi mengenai keris dan berminat untuk melihat keris koleksi bapak, maka dapat menghubungi saya, dian aulia di nomor 081 392 400 985.
saya tunggu. terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentar pada tulisan saya, ya! boleh kritik boleh saran. just be honest.
terimakasih.