Rabu, 18 Mei 2011

Renungan Batin
Tuhan, aku masih belajar mengenalMu, berinteraksi denganMu, hadirkan diriMu di setiap suasana hatiku, belajar untuk dekat denganMu, belajar mencandu di jalanMu, belajar mencintaiMu dan menjadi orang yang Engkau cintai.
Tuhan, apakah benar aku Engkau ciptakan sebagai pelayan? Server yang bertujuan serve everyone, membuat seseorang bisa menggapai keinginannya?Tuhan, aku sungguh ingin melayaniMu, namun sungguh, aku ilmuku baru sedemikian rendah. Tuhan, jikalau itu benar, maka aku harus tegar, dan aku mohonkan kekuatanMU untuk menguatkanku untuk tetap melayani umatMu dengan tetap berada di jalanMu. dariMulah kami sesungguhnya tercipta dan kepadaMulah kami sesungguhnya akan kembali.
Tuhan, bantulah aku untuk mengikhlaskan segalanya. Semua hal indah di masa lalu yang telah hangus, ayah dan keluargaku yang telah tiada,dan semua yang pergi tinggalkanku. Sesungguhnya aku berada dalam ketakutan Tuhan, ketakutan untuk sendiri. Ketakutan karena aku merasa keluargaku tidak memperhatikanku. Oh Tuhan, hebat betul tipu daya setan merasuk dalam hatiku. Sesungguhnya AKU ADALAH PELAYAN, yang mengikhlaskan yang memberikan keinginan setiap umatMu yang menginginkannya, memudahkan cara mereka yang menginginkannya. Sesungguhnya itu keinginanku, dan aku berhak bersanding dengan orang2 yang memiliki keinginan lainnya. Sesungguhnya Engkau telah menciptakan kami mahlukMu, dengan sempurna indah dan mendetail. Sesungguhnya keinginan kami adalah keinginanMu. Aku ini pelayan mu Tuhan, pelayan umatMu, yang bertugas untuk mendorong mereka mencapai misi mereka di dunia ini, dan itulah misiku.
Mudah2an aku berhasil menjadi pengusaha Tuhan, pengusaha yang memiliki mimpi untuk memudahkan orang lain mencapai keinginannya,selama hal itu halal dan berada dalam jalanMu, dan ini cukup rahasiaku denganMu. Mudah2an aku menguncinya kuat dalam benakku, hatiku, dan menjadikan jiwaku bersih, karena telah berada pada jalanMu. Muliakanlah orang2 yang telah membesarkanku, mengajarkanku arti makna kehidupan, mengajarkanku betapa baiknya dunia kepadaku/ dan aku belum dapat bersyukur/,mengajarkanku bahwa kesombongan dan egoisme bukan penyelesaian suatu masalah, semua orang dimasa laluku, terutama Ibuku, keluargaku, tempat kubelajar tentang sikap baik dan perilaku berani tantang takdir.
Keinginanku adalah sebagai pelayan, dimana aku dapat merefleksikan diri dalam setiap produk ciptaanku, apapun yang aku buat berdasar jalan kebaikan yang telah diinstalkan Tuhan, untuk melayani umatNYa, para sahabat, orangtua dan adik. Memudahkan mereka untuk mencapai apa yang diinginkannya, pencapaian misinya. Aku bukan orang kosong. Sesungguhnya aku penuh dengan rencana.
Namun, apalah arti rencana jika tidak diimbangi dengan pembelajaran dan kemauan berusaha itu sendiri? Berilah berkahMu Tuhan. Mudah2an Engkau berikan hambaMu ini pengetahuan dan petunjuk, allohumma amin.

Renungan Batin eds. 4
Sesungguhnya Allah azza wa jalla adalah Pencipta mu, wahai manusia. Pencipta kaummu, para nabi, sebelum dan sesudah Muhammad. Muhammad adalah pembawa agama yang paling sempurna diantara semua umat karena Islam adalah agama untuk semua umat, bukan untuk satu golongan/kaum saja. Di Injil, di kita Zoroaster telah disebutkan demikian. Sesungguhnya umat Islam adalah umat yang berhak melakukan Islamisasi dengan pendampingan dimulai dari syariat. Sholat, puasa, zakat, membaca Al-Quran, apabila hartamu cukup maka berhajilah. Sesungguhnya semua itu tidak semata2 sebagai rutinitas seorang muslim, melainkan untuk perbaikan iman yang membawanya pada ketaqwaan dan perbaikan taqwa.
Setiap Muslim adalah khalifah semua umat. Sesungguhnya setiap Muslim ditakdirkan menjadi orang yang luwes dan santun dalam bergaul. Tuhan murni ada dihati kita. Tuhan mengawasi, menciptakan, bersatu dengan setiap makhlukNya. Trust it. Berjalanlah dijalanNya, yakinlah pada cara yangg kau tempuh//selama itu berada di jalanNya// maka you win. But when u win, sesungguhnya itu sendiri merupakan cobaan, karena engkau akan mudah disombongkan dan diterpa oleh hembusan nafas setan. Nope, berjuanglah dengan cara yang kau bisa percayai untuk menuju TuhanMu.
Anggaplah bahwa semua agama memiliki niat baik untuk membina umat di jalan kebaikan dan berkomunikasi dengan baik dengan tuhannya. Ya, its true. Anggaplah semua agama sama, tapi Islamlah yang paling sempurna diantara semua itu. Dan janganlah engkau sombong, sesungguhnya kesombongan adalah hembusan nafas setan//yang bau//.
Bukan tidak jujur. Melainkan khalifah hanya cukup untuk menghargai perbedaan, menjauhkan diri dari kesombongan, merelakan diri membantu orang lain di jalan kebenaran, mengarahkan orang lain menuju kebaikan, mencontohkan kebaikan dalam setiap detak jantung kita hirup nafas kita, dan membuat orang lain percaya pada kitaa. Jangan jatuhkan orang lain, sesungguhnya perbuatan itu termasuk perbuatan dzalim, dimana kita sudah merampas hak orang lain untuk melakukan yang disenanginya/ jika berkaitan dalam konteks kebaikan dalam beragama, cara beragama/. Sesungguhnya menjadi khalifah itu bukanlah pekerjaan berat jika kita mampu terapkan dalam kehidupan keseharian kita. Bijaksanalah. Adillah. Pilih yang tebaik untuk semua. Bukan berdasar egoisme diri semata. Tuhan pasti tahu apa yang diperbuat hambanya. Tipu daya setan selalu mengintai kita dari balik tabirnya. Sembunyikan ketakutan kita, karena ketakutan kita hanya milik Allah semata, sang Pencipta manusia, alam semesta, bumi beserta isinya. Wajiblah takut hanya pada Dzat yang Maha Besar, Dzat yang Maha Melihat dan Mendengar tersebut. Sesungguhnya Tuhan mentakdirkan kita semua umat sebagai saudara. Berbaiklah, bijaksanalah, adillah, maka kau sudah berjalan bersamaNya, di jalanNya, insyallah jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Allohumma amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentar pada tulisan saya, ya! boleh kritik boleh saran. just be honest.
terimakasih.